TUGAS
KULIAH
NAMA : SARTINI
NIM :
14712259021
MATA
KULIAH : PENGEMBANGAN LEARNING
TRAJECTORY PESERTA DIDIK
DOSEN : PROF. DR. MARSIGIT, MA
1. Komentar
atau tanggapan terhadap video
a.
Berdasarkan tanyangan video tersebut,
dapat saya ambil pelajaran bahwa team
teaching mempunyai beberapa keuntungan, diantaranya :
1) Dapat
membantu menguasai kelas.
2) Membantu
dalam kegiatan diskusi kelompok kecil. Dengan adanya dua guru, maka akan lebih
banyak waktu yang didapat tiap kelompok untuk dibimbing guru.
3) Jika
terdapat kesulitan atau permasalahan saat proses pembelajaran, guru dapat
berdiskusi dengan timnya untuk mendapatkan solusi terbaik.
b.
Pembelajaran yang sedang berlangsung
memperlihatkan sikap guru yang sangat sayang, perhatian dan dekat pada
muridnya. Hal ini terlihat pada saat guru melakukan bimbingan secara individu.
Setelah menjelaskan siswa, guru mengelus kepala siswa tanda sayang dan
perhatian pada siswa.
c.
Dalam proses pembelajaran yang
berlangsung, sudah menerapkan student
centered. Bahwa pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa belajar berdasar
lembar kerja, bekerja secara kelompok, dan menemukan sendiri konsep tentang
materi pelajaran (tabel perkalian). Siswa tidak hanya sekedar tahu tentang
tabel perkalian, tetapi mereka dapat menganalisis dengan cara berdiskusi,
kemudian mereka menemukan konsep baru dalam tabel perkalian tersebut. Kegiatan
seperti ini dapat menumbuhkan kreatifitas atau proses berfikir pada siswa.
2. Pertanyaan
Pembelajaran yang sangat menarik,
namun membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembelajaranya. Bagaimana
menyikapi hal ini jika pembelajaran diterapkan di Indonesia? Selama ini, kita
dituntut untuk membelajarkan materi yang banyak, namun waktunya terbatas.
3. Kelebihan
dan kekurangan metode dan perangkat pembelajaran lainya yang selama ini saya
praktikan, dan seberapa jauh saya belajar dari video itu, untuk mempengaruhi
dan kemungkinan untuk memperbaiki praktik pembelajaran saya.
a.
Kelebihan dan kekurangan metode dan
perangkat pembelajaran lainya yang selama ini saya praktikan.
1) Kelebihan
Tidak memerlukan waktu yang lama
karena tidak sedalam pembelajaran yang ada pada video.
2) Kekurangan
Siswa kurang mendalami materi
pelajaran. Dalam tabel pelajaran, siswa hanya tahu hasil perkalian yang ada.
Sedangkan pada video, siswa dapat menemukan konsep lain.
b.
Seberapa jauh saya belajar dari video
itu, untuk mempengaruhi dan kemungkinan untuk memperbaiki praktik pembelajaran
saya.
Setelah melihat
video tersebut dan belajar apa yang ada, saya merasa tergugah untuk meniru
pemelajaran yang dilakukan dalam video tersebut. Saya akan menerapkanya kelak
setelah lulus kuliah, karena saya rasa pembelajaran yang ada pada video
tersebut sangat berguna dan dapat mendorong siswa untuk berfikir kritis.
Aslm uraiannya terlalu singkat bu. Wslm
BalasHapusTerima kasih atas masukanya Prof. Semoga menjadi semangat untuk saya bisa berusaha menjadi lebih baik.
Hapus