ICEBERG APPROACH IN MATHEMATICS
Iceberg ini berdasarkan
atas teori Morelands. Iceberg tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
Tahap pertama atau
paling bawah, yaitu dunia nyata. Dalam membelajarkan matematika kepada siswa
SD, hendaknya menggunakan dunia nyata. Dengan belajar sesuatu yang ada dalam
kehidupan sehari-hari, anak akan lebih mudah mengerti. Misalnya, dalam hal
pengurangan, anak diajarkan bahwa dalam sebuah akuarium ada 5 ekor ikan,
kemudian dua ekor melompat ke luar. Berapa ekor ikan yang masih ada di dalam
aquarium.
Tahap kedua yaitu
pembentukan skema. Pada tahap ini anak sudah mulai dapat membentuk skema
tentang konsep yang dipelajari. Ikan yang ada di aquarium melompat keluar, berarti
ikan yang ada di dalam aquarium menjadi berkurang.
Tahap ketiga yaitu
membangun pengetahuan. Pengetahuan anak tentang pengurangan dapat dibangun
melalui garis bilangan. Melalui garis bilangan, anak dapat mengetahui konsep
pengurangan. Jika terjadi operasi pengurangan, maka jalanya mundur (kea rah
kiri). Semula pada angka 5, karena dikurangi 2, maka berjalan ke kiri dua
langkah. Sehingga akan sampai pada angka dimana hasil dari 5 dikurangi 2.
Tahap ke empat yaitu
formal abstrak. Pada tahap ini anak sudah dapat mengerti tentang operasi hitung
pengurangan yang dinyatakan dalam angka, yaitu bahwa 5-2 = ….
TEORI
BELAJAR MATEMATIKA MENURUT BRUNER
Bruner
berpendapat bahwa belajar matematika adalah belajar tentang konsep-konsep dan
struktur-struktur serta mencari hubungan antara konsep-konsep dan struktur-struktur tersebut. Menurut
Bruner pemahaman atas suatu konsep beserta strukturnya menjadikan materi itu
lebih mudah diingat dan dapat dipahami lebih komprehensif. Tiga tahap
perkembangan mental menurut Bruner:
a.
Enactive
Dalam tahap ini seseorang
mempelajari suatu pengetaahuan secara aktif dengan menggunakan garis miring
memanipulasi benda-benda konkret atau situasi nyata secara langsung.
b.
Ikonic
Pada tahap ini kegiatan belajar seseorang sudah mulai menyangkut mental
yang merupakan gambaran dari objek-objek.
c.
Simbolic
Tahap terakhir ini adalah tahap
memanipulasi simbol-simbol secara langsung dan tidak lagi terkait dengan objek
maupun gambaran objek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar